Pendidikan
Pembangunan
pendidikan menempati peran sangat strategis dalam keseluruhan upaya
membangun kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana dicita-citakan
oleh para pendiri bangsa dan dirumuskan dalam Pasal 31 ayat (1) UUD 1945
yang menegaskan bahwa setiap warga negara berhak atas pendidikan.
Selain itu, berbagai kesepakatan internasional khususnya millenium
development goals (MDGs), yang menetapkan bahwa sebelum tahun 2015 semua
anak baik laki-laki maupun perempuan menyelesaikan pendidikan dasar,
dan Deklarasi UNESCO tentang Education for All (EFA) telah pula menjadi
dasar pelaksanaan pembangunan pendidikan di seluruh Indonesia.
Pendidikan juga merupakan instrumen pembangunan ekonomi dan sosial,
termasuk di antaranya untuk mendukung upaya mengentaskan kemiskinan,
meningkatkan keadilan dan kesetaraan gender, serta memperkuat
nilai-nilai budaya.
Jumlah Sekolah, Jumlah Siswa/Mahasiswa, Jumlah Guru/Dosen Negeri Dan Swasta
Sumber : SIPD 2013
Update : 19 Mei 2014
Jumlah Sekolah, Jumlah Siswa/Mahasiswa, Jumlah Guru/Dosen Negeri Dan Swasta
NO
|
SEKOLAH
|
Jumlah
Sekolah(Unit)
|
Jumlah Siswa/ Mahasiswa(orang)
|
Jumlah Guru, Dosen dan Kepala Sekolah (orang)
|
||||||
TAHUN
|
TAHUN
|
TAHUN
|
||||||||
2010
|
2011
|
2012
|
2010
|
2011
|
2012
|
2010
|
2011
|
2012
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
1.
|
PAUD
|
224
|
260
|
266
|
5.563
|
7.626
|
21.666
|
508
|
596
|
688
|
2.
|
TK
|
59
|
69
|
58
|
2.413
|
3.077
|
2.413
|
203
|
239
|
177
|
3.
|
SLB
|
1
|
1
|
1
|
30
|
33
|
35
|
6
|
7
|
7
|
4.
|
SD
|
402
|
403
|
403
|
72.677
|
72.429
|
72.429
|
4.228
|
4.724
|
4.152
|
5.
|
SLTP
|
104
|
101
|
111
|
22.457
|
21.012
|
21.739
|
1.593
|
1.250
|
1.551
|
6.
|
SLTA
|
25
|
26
|
29
|
7.390
|
7.426
|
8.420
|
524
|
423
|
417
|
7.
|
SMK
|
19
|
20
|
20
|
4.263
|
4.281
|
4.474
|
350
|
215
|
399
|
8.
|
Perguruan Tinggi
|
1
|
1
|
1
|
107
|
131
|
136
|
56
|
56
|
|
9.
|
Lembaga Pendidikan Keterampilan
|
19
|
19
|
14
|
508
|
570
|
|
23
|
28
|
|
Perguruan Agama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
RA
|
5
|
4
|
5
|
149
|
164
|
403
|
20
|
24
|
|
2.
|
MI
|
44
|
45
|
44
|
5.989
|
6.011
|
6.383
|
488
|
591
|
614
|
2.
|
MTs
|
22
|
22
|
21
|
2.487
|
2.395
|
2.412
|
321
|
334
|
334
|
3.
|
MA
|
7
|
7
|
7
|
750
|
561
|
701
|
132
|
130
|
134
|
4.
|
Perguruan Tinggi Agama Islam (IAIN/STAIN/ UNIV)
|
1
|
1
|
1
|
861
|
809
|
|
52
|
60
|
|
6.
|
Perguruan Tinggi Agama Kristen/ Teologi
|
1
|
1
|
1
|
-
-
|
Sumber : SIPD 2013
Update : 19 Mei 2014
Angka
Partisipasi Kasar (APK) pada semua jenjang pendidikan menunjukkan
peningkatan, kecuali SD/MI. APK PAUD masih tergolong sangat rendah, baru
mencapai angka 3,17%. APK SD/MI meskipun menurun namun capaiannya masih
melebihi 100 persen. Tahun 2007, APK SD/MI sebesar 133,35% kemudian
berkurang 8,8% menjadi 124,53% pada tahun 2010. Capaian APK SD/MI
melebihi 100 persen dapat dimaknai meningkatnya kesadaran masyarakat
akan pentingnya pendidikan disertai sukses program Kejar Paket A.
APK
SMP/MTs pada periode yang sama menunjukkan peningkatan. Capaian APK
SMP/MTs tahun 2007 adalah 78,70% dan tiga tahun berikutnya bertambah
sebesar 16,96% menjadi 95,66%. APK SMA/MA/SMK pada periode yang sama
meningkat cukup besar (sekitar 30%) yakni dari 30,70% pada tahun 2007
menjadi 61,50% tahun 2010. Capaian APK di semua jenjang pendidikan sudah
tergolong baik, dan ini mengindikasikan adanya pembangunan pendidikan
yang semakin merata ke semua daerah.
Pembangunan
pendidikan yang semakin merata juga tampak dari capaian Angka
Partisipasi Murni (APM) yang meningkat setiap tahunnya dalam periode
2007-2010. Capaian APM SD/MI meningkat dari 96,01% (2007) menjadi 99,61%
(2010). APM SMP/MTs meningkat dari 55,10% (2007) menjadi 81,95% (2010).
Demikian juga capaian APM SMA/SMK/MA meningkat dari 21,94% tahun 2007
menjadi 45,47% tahun 2010. Meskipun meningkat, capaian ini masih
tergolong rendah, khususnya pada jenjang SMA.
Paralel
dengan peningkatan APK dan APM, angka putus sekolah (APS) semua jenjang
pendidikan menunjukkan kecenderungan menurun. Tahun 2007, APS SD/MI
menurun dari 1,08% (2007) menjadi 0,75% (2010). APS SMP/MTs berkurang
dari 2,51% menjadi 1,51%. APS SMA/SMK/MA juga berkurang dari 2,51%
menjadi 1,51%.
Angka
kelulusan siswa pada jenjang pendidikan SD/MI relatif konstan setiap
tahunnya dikisaran 99,0–99,9 persen. Angka kelulusan SMP/MTs menunjukkan
penurunan dari 95,21% tahun 2007 menjadi 92,97% tahun 2010, sedangkan
angka kelulusan SMA/SMK/MA mengalami peningkatan dari 95,0% menjadi
97,68% pada periode yang sama.
Pengajar
di semua jenjang pendidikan, sebagian besar (65,0%) berpendidikan di
bawah S-1 dan lebih banyak terdapat pada jenjang pendidikan SD/MI.
Sedangkan yang berpendidikan S-1 baru mencapai 35,0%. Dalam rangka
mendukung peningkatan kualitas pendidikan, telah diupayakan peningkatan
kualitas pendidikan melalui pelaksanaan program kualifikasi dan
sertifikasi guru sesuai dengan amanat Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005
Tentang Guru dan Dosen. Terkait dengan sertifikasi, dari 7.081 guru
yang ada, ternyata hingga saat ini, yang bersertifikat baru sekitar 9 %.
0 komentar:
Posting Komentar