Pages

Jumat, 06 Februari 2015

Kondisi Umum - Ekonomi

Secara sektoral semua sektor ekonomi  mengalami pertumbuhan positif. Pertumbuhan tertinggi secara berturut-turut di alami oleh sektor pertambangan dan galian 16,07 persen, sektor bangunan 11,40 persen  dan sektor listrik, gas dan air bersih 7,50 persen.  Meskipun ketiga sektor tersebut tumbuh cukup tinggi, namun karena kontribusinya yang relatif kecil maka belum cukup mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sambas.
Sektor-sektor yang mengalami peranan yang cukup besar terhadap perekonomian Kabupaten Sambas yaitu sektor pertanian; sektor perdagangan , hotel dan restoran; dan sektor industri pengolahan, pertumbuhannya masing-masing  sebesar  4,49 persen, 7,02 persen dan 6,67 persen. Meskipun demikian, ketiga sektor tersebut  masih menjadi  penggerak utama perekonomian daerah.
Periode 2007 – 2011,  pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sambas yang ditunjukkan oleh PDRB ADHK 2000, masih berada dibawah pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Barat.  Rata-rata pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sambas selama lima tahun terakhir  sekitar  5,59 persen pertahun.
Pertumbuhan terendah terjadi pada tahun 2007 yaitu sebesar 5,38 persen sedangkan tertinggi pada tahun 2010 sebesar 5,88 persen.
Untuk lebih meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan sekaligus mewujudkan pemerataan pendapatan, perlu adanya peningkatan mutu sumber daya manusianya yang diikuti pengendalian jumlah penduduk serta peningkatan infrastruktur. Keterpaduan antara program pemerintah denganperan swasta dan masyarakat perlu diperhatikan guna menyelaraskan langkah dalam menggali sektor-sektor potensial yang sekaligus memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Lihat juga: Demografi, Iklim, Tekstur Tanah, Ekonomi, Geomorfologi, Geografis

0 komentar:

Posting Komentar